Sepeda motor adalah kendaraan bermotor dengan satu roda
dengan dua roda, mesin pembakaran dalam, dan setidaknya satu silinder. Ada
sepeda yang sesuai dengan banyak gaya hidup, termasuk tur sepeda untuk
perjalanan panjang, roket selangkangan untuk kecepatan dan sepeda untuk lalu
lintas kota, jelajah, dll. Sepeda motor murah dan tersedia di banyak negara,
menjadikannya bentuk transportasi yang populer. .
Sepeda motor pertama dirancang dan dibangun oleh penemu
Jerman Wilhelm MayBach dan Gottlieb Daimler di Bad Cannstatt pada tahun 1885.
Namun, jika ada yang menghitung dua roda yang didorong oleh uap sebagai sepeda
motor, maka yang pertama mungkin adalah orang Amerika yang dibangun oleh
Sylvester Howard Roper dari Roxbury, Massachusetts, pada tahun 1867
Hillenbrand dan Wolf Muller menjadi motor pertama yang
tersedia untuk dibeli, pada tahun 1894. Kemudian saat mesin menjadi lebih kuat
dan desainnya mengungguli asal-usul sepeda, jumlah produsen sepeda motor
meningkat. Hingga Perang Dunia I, produsen sepeda motor terbesar di dunia
adalah orang India. Pada tahun 1920, kehormatan ini ditujukan kepada
Harley-Davidson dan pada tahun 1928 DKW mengambil alih. Setelah Perang Dunia
Kedua, Grup BSA menjadi produsen terbesar. Dan dari tahun 1955 sampai 1970-an
perusahaan Jerman NSU Motorenwerke AG memegang posisi. Hari ini, pabrikan
Jepang, Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha mendominasi.
Untuk mendapatkan konstruksi sepeda motor seperti yang
diinginkan oleh perancang, teknik, manufaktur, dan perakitan komponen dan
sistem harus diperhitungkan. Pembangunan sepeda motor produksi massal
kontemporer menggunakan kerangka baja atau aluminium yang sebagian besar
terstandarisasi, rem cakram, dan garpu teleskopik untuk menahan roda depan.
Mereka biasanya memiliki mesin bertenaga bensin satu sampai enam silinder.
Motor dengan basis roda pendek, seperti motor sport, mampu
menghasilkan torsi yang cukup pada roda belakang dan cukup menghentikan tenaga
pada roda depan untuk mengangkat roda lawan dari tanah. Gerakan ini
masing-masing dikenal sebagai wheelies dan stoppies. Jika tindakan dilakukan
melewati titik pemulihan, hal itu bisa mengakibatkan kesal yang dikenal sebagai
"perulangan" kendaraan.
Anda juga harus menyadari fakta bahwa penghematan bahan
bakar sepeda motor menguntungkan dari jumlah kendaraan yang relatif kecil
dibandingkan dengan penumpang dan kendaraan bermotor lainnya dan perpindahan
mesin kecil berikutnya. Gaya berkuda memiliki efek yang besar terhadap ekonomi
bahan bakar juga. Beberapa pengendara telah melaporkan bahwa mereka mampu
melipatgandakan ekonomi bahan bakar mereka dengan menggunakan percepatan rendah
dan kecepatan lebih rendah dari biasanya, meskipun ini adalah kasus yang
ekstrem.
Comments
Post a Comment